SOAL PEMANASAN UN 2011 SMP





1. Pernyataan yang menunjukan bahwa setiap makhluk hidup memiliki ciri-ciri bergerak adalah . . .

A. Seekor ular mengeluarkan bisa

B. Setelah dierami selama 21 hari, telur ayam menetas

C. Tumbuhan akan mengeluarkan getah apabila dipangkas

D. Apabila disentuh, daun putri malu akan mengatup

2. Rusdi menggolongkan ikan mas, biawak, ular kobra, dan buaya menjadi satu kelompok berdasarkan kesamaan ciri, yaitu . . . .

A. Mempunyi sisik

B. Mengandung lendir

C. Cara bernapas

D. Tempat hidupnya

3. Perhatikan jaring-jaring makanan berikut ini !

Apakah yang terjadi jika populasi ulat mengalami kepunahan ?

A. Populasi elang akan meningkat.

B. Populasi burung akan meningkat.

C. Populai ular akan menurun.

D. Hasil panen padi meningkat.

4. Akhir-akhir ini sering terjadi bencana alam yang disebabkan oleh perbuatan manusia. Bencana ini menenggelamkan ratusan rumah, sawah, gedung sekolah, industri, tumbuhan, hewan, dna harta benda. Usaha yang dapat dilakuakan untuk mencegah terjadinya kerusakan lingkungan tersebut adalah . . .

A. Tidak membangun rumah didekat sumber alam

B. Merevisi undang-undang pelestarian alam

C. Tidak berlebihan dalam mengeskploitasi alam

D. Membuka lapangan kerja sebanyak-banyaknya

5. Pertambahan jumlah penduduk di suatu daerah menyebabkan hutan diubah menjadi areal baru demi pemenuhan bahan pangan. Hal ini menyebabkan kerusakan habitat alami annggrek hutan. Untuk mempertahankan jenis tumbuhan tersebut aga tetap ada, pemerintah melakukan upaya pelestarian secara ex situ dengan membuat . . . . .

A. Hutan lindung

B. Kebun raya

C. Suaka merga satwa

D. Taman Nasional

6. Hutan merupakan habitat alami bagi berbagai jenis hewan dan tumbuhan. Seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk, hutan diubah menjadi pemukiman dan lahan pertanian. Perubahan hutan menjadi pemukiman dan lahan pertanian dapat menyebabkan . . . .

A. Ketersediaan air bersih mencukupi

B. Berkurangnya sampah-sampah organik di lingkungan

C. Hilangnya jenis flora dan fauna tertentu

D. Semakin luasnya paru-paru bumi

7. Perhatikan nama-nama tulang beriku ini !

1. Tulang betis

2. Tulang pengumpil

3. Tulang rusuk

4. Tulang pergelangan tangan

5. Ruas tulang punggung

Manakah yang termasuk tulang pipa?

A. 1 dan 2

B. 3 dan 4

C. 2 dan 3

D. 4 dan 5

8. Enzim yang berfungsi menguraikan protein menjadi peptida dan asam-asam amino yang dihasilkan oleh pankreas adalah . . .

A. Amilase

B. tripsin

C. Pepsin

D. Lipase

9. Organ yang merupakan tempat pembentukan sel darah putih adalah . . . .

A. Hati

B. empedu

C. Jantung

D. Sumsum tulang

10. Kerusakan alat filtrasi pada ginjal menyebabkan molekul albumin dan protein lain terdapat dalam urin sehingga mengakibatkan . . .

A. Terbentuk batu ginjal

B. Perut mnjadi buncit

C. Seluruh tubuh bengkak

D. Penimbunan air dikaki

  • 1, D 2. A 3. D 4. B 5. B 6. C 7. A 8. B 9, D 10. C


11. Manakah gerakan yang dikendalikan oleh saraf sadar ?

A. Evi menulis soal matematika di papan tulis

B. Fani segera mengangkat kaki ketika tertusuk duri

C. Mata Toni berkedip karena kemasukan debu

D. Novi tiba-tiba menarik tangannya karena terkena besi panas

12. Perhatikan gambar penampang melintang daun berikut ini!

Bagian utama tempat terjadi proses fotosintesis ditunjukan oleh . . .

A. 1 dan 2

B. 2 dan 3

C. 3 dan 4

D. 4 dna 1

13. Seorang siswa melakukan percobaan dengan menanam kacang kedelai di dekat jendela menghadap ke arah sinar matahari. Setiap hari tanaman tersebut di siram. Setelah 15 hari batang kedelai akan tumbuh . . . .

A. Menjauhi cahaya

B. Lurus ke atas

C. Melengkung ke bawah

D. Menuju arah datangnya cahaya

14. Perhatikan gambar perangkat percobaan fotosintesis di bawah ini !

Bila perangkat percobaan dileakkan di tempat yang terkena sinar matahari, satu jam kemudian terbentuk gelembung-gelembung udara pada tabung reaksi. Gelembung tersebut adalah . . . .

A. Uap air

B. hidrogen

C. Oksigen

D. Karbon dioksida

15. Cumi-cumi adalah hewan yang hidup di laut, ketika dalam bahaya, perilaku yang ditunjukan oleh hewan tersebut adalah . . .

A. Muncul di permukaan

B. Mengeluarkan zat tinta

C. Mengeluarkan zat beracun

D. Mengeluarkan pelindung tubuhnya

16. Kelinci jantan berambut hitam disilangkan dengan kelinci betina berambut putih. Keturunan pertama semuanya menghasilkan kelinci berwarna hitam. Bila sesama keturunan pertama disilankan dan menghasilkan 16 ekor anak kelinci, kemungkinan jumlah anak kelinci berambut hitam . . . .

A. 12 ekor

B. 4 ekor

C. 8 ekor

D. 2 ekor

17. Pak Raden memiliki tanaman jambu air A yang berbuah manis dan lebat. Sayanng sekali ketika musim berbuah, pohon jambunya roboh. Tetangganya, Pak aryo memiliki tanaman jambu air B yang berbatang besar dan berakar kuat.Untuk menghasilkan pohon jambu yang berbatang kokoh, berbuah manis, dan lebat, perlu dilakukan cara perkembangbiakan dengan . . . .

A. Menyilangkan tanama A dengan tanaman jambu B

B. Menyambung tanaman jambu A dengan tanaman jambu B dengan A sebagai pokok.

C. Menyambung tanaman jambu A dengan tanaman jambu B sebagai pokok.

D. Menempel mata tunas tanama jambu B pada tanaman jambu A

18. Contoh makanan dna minuman yang merupakan hasil biotekhnologi adalah . . .

A. Tape, tahu, dan nata de coco

B. Tempe, nasi, dan bir

C. Tempe, roti, dan bir

D. Tahu, nasi, dan yoghurt

19. Berikut ini yang termasuk pemanis buatan yang dapat ditambahkan pada bahan makanan adalah . . ..

A. Aspartam, sakarin, dan siklamat

B. Sakarin, tebu, dan madu

C. Gula merah, tebu, dan sakarin

D. Siklamat, aspartam, dan madu

20. Alkohol mempunyai sifat menimbulkan kecanduan, sehingga orang yang suka minum alkohol selalu merasa ingin minum lagi. Hal ini akan menyebabkan . . .

A. Munculnya rasa percaya diri

B. Hilangnya kendali pada otot gerak

C. Timbulnya rasa ngantuk yang sangat kuat

D. Dapat tetap terjaga karena tidak mengantuk.

21. Iritabilitas adalah . . .

A. Kepekaan makhluk hidup untuk memberikan tanggapan terhadap rangsang

B. Proses masuknya oksigen ke dalam tubuh dna proses keluarnya karbondioksida

C. Keluarnya zat sisa metabolisme melalui alat-alat pengeluaran

D. Proses pembentukan atau perubahan makana di dalam tubuh

22. Tumbuhan hijau yang sangat kecil dan melayang-layang dalam air disebut . . .

A. Plankton

B. zooplankton

C. Fitoplankton

D. Bentos

23. Jamur dalam ekosistem berperan sebagai . . .

A. Produsen

B. Dekomposer

C. konsumen

D. Predator

24. susunan rantai makanan ynag benar adalah . . .

A. fitoplankton --- Zooplankton ----- Udang

B. Zooplankton ------ burung------ Udang

C. Udang ----- Fitoplankton ----- Zooplankton

D. Burung ------ Udang ----- Fitoplankton

25. 6 CO2 + 6 H2O (Cahaya Matahari)/(Klorofil ) C6H12O6 + 6 O¬2

Berdasarkan proses diatas, komponen yang diperlukan untuk fotosintesis adalah . . . .

A. O2

B. C6H12

C. CO2

D. C6H12O6

26. pembuluh yang mengedarkan darah dari tubuh bagian atas menuju jantung adalah . . .

A. Arteri Pulmonalis

B. Aorta Pulmonalis

C. Vena Cava Superior

D. Vena Cava Inferior

27. Peredaran darah dari jantung menuju paru-paru, kembali lagi ke jantung merupakan. .

A. Peredaran darah besar

B. Peredaran darah kecil

C. Peredaran darah terbuka

D. Peredaran darah terbesar

28. bagian darah yang berfungsi sebagai pengangkut sari makanan adalah . . .

A. Plasma darah

B. Trombosit darah

C. Sel darah merah

D. Sel darah putih

29. Alat transportasi pada insekta berupa . . .

A. Sele api

B. Pembuluh jantung

C. Lengkung aorta

D. Jantung pembuluh

30. Jika kita terluka maka darah yang keluar akan segera membeku. Haln ini karena darah mengandung . . .

A. Fibrin

B. trombosit

C. Trombin

D. Trombokinase

31. Perhatikan gambar gelang panggul dibawah ini

Tulang duduk dan tulang kemaluan ditunjukkan oleh nomor . . . .

A. 1 - 2

B. 3 - 4

C. 1 - 3

D. 2 – 4

32. Yang termasuk contoh tulang pipa adalah ...

A. Belikat dan lengan

B. Tengkorak dan pengumpil

C. Dada dan rusuk

D. Betis dan hasta

33. Proses peleburan sel kelamin jantan dan sel kelamin betina disebut . . .

A. Fertilisasi

B. Penyerbukan

C. Persarian

D. Organogenesis

34. Untuk dapat melangsungkan kehidupannya setiap makhluk hidup melakukan penyesuaian diri terhadap lingkungannya. Peristiwa tersebut dinamakan . . .

A. Reproduksi

B. Fertilisasi

C. Evolusi

D. Adaptasi

35. Bentuk paruh burung pemakan daging ditunjukan oleh gambar . . .

A. 1

B. 2

C. 3

D. 4

36. Ikan paus sering muncul ke permukaan air untuk menghirup oksigen. Kejadian tersebut merupakan contoh adaptasi . . . .

A. Morfologi

B. reproduksi

C. Fisiologi

D. Tingkah laku

37. Tujuan adanya lapisan lilin dan duri pada tumbuha kaktus, ialah . . .

A. Menghindari penguapan yang berlebihan

B. Tidak dimakan hewan pemangsa

C. Mempermudah proses penguapan

D. Mempermudah pengambilan air

38. Peristiwa jatuh dan menempelnya serbuk sari pada kepala putik, disebut proses . . .

A. Peleburan

B. penyerbukan

C. Pembuahan

D. Perkawinan

39. Rumput Teki dan stroberi merupakan dua contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan . . .

A. Spora

B. stolon

C. Rhizoma

D. Tunas adventif

40. Lihat gambar bunga dibawah ini !

Yang merupakan alat kelamin jantan ditunjukkan oleh nomor . . .

A. 1

B. 2

C. 3

D. 4


MATERI KALAU ADA KESULITAN

Kemampuan yang diuji 1 : Mendeskripsikan ciri-ciri makhluk hidup

Ciri-ciri pada makhluk hidup meliputi :

1. Bergerak

2. Makan

3. Bernafas

4. Iritabilitas (peka terhadap rangsangan)

5. Tumbuh dan berkembang

6. Mengeluarkan zat sisa

7. Berkembangbiak

8. Memerlukan suhu tertentu

Kemampuan yang diuji 2 : Mengidentifikasi ciri-ciri pada pengelompokan makhluk hidup.

Keanekaragaman Tumbuhan

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk memudahkan mengenal dan mempelajari

makhluk hidup.

Dasar klasifikasi makhluk hidup adalah persamaan dan perbedaan ciri.

Tingkatan klasifikasi pada tumbuhan yaitu : divitio (divisi), classis (kelas), ordo (bangsa),

familia (suku), genus (marga), species (jenis)

Tingkatan klasifikasi pada hewan yaitu : phylum (filum), classis (kelas), ordo (bangsa),

familia (suku), genus (marga), species (jenis)

Contoh nama ilmiah : Musa paradisiaca, Musa adalah genus/marga, paradisiaca adalah

penunjuk jenis.

Tumbuhan dibagi menjadi 4 divisi, yaitu :

1. Talofita (Thallophyta) : ganggang (Algae) & jamur (Fungi)

2. Lumut / Briofitas (Bryophyta) : lumut hati (Hepaticae), lumut sejati (Musci)

3. Paku-pakuan / Pteridofita (Pterydophyta) : paku rambut (Lycopodinase), paku ekor kuda

(Equisetinae), paku sejati (Filicinae)

4. Tumbuhan biji / Spermatofita (Sphermatophyta) : Gymnospermae dan Angiospermae)

Berdasarkan warnanya, ganggnag dibedakan menjadi 4, yaitu :

1. Ganggang hijau (Chloropyceae) : Chlamydomanas & Spirogyra

2. Ganggang cokelat (Phaeophyceae) : Sargasum, Fucus, Laminaria

3. Ganggang merah (Rhodophyceae) : Euchema gracialis

4. Ganggang pirang (Chrysophyceae) : Synendra

Berdasarkan bentuk hifanya, jamur dibedakan menjadi 2 kelas, yaitu :

1. Jamur ganggang (Phycomycetes) à hifa tidak bersekat

Contoh : Rhyzopus (jamur tempe)

2. Jamur sejati (Eumycetes) à hifa bersekat

Dibagi menjadi 3, yaitu :

1. Askomisetes, contohnya Penicillium sp (penghasil penisilin), Sacharomyces sp (jamur

tape)

2. Basidiomisetes, contohnya Jamur kuping, jamur merang, jamur kayu

3. Deuteromisetes, contohnya jamur oncom

LUMUT

Perhatikan siklus lumut di bawah ini :


Perhatikan sikulus paku di bawah ini :




PERBANDINGAN LUMUT DAN PAKU


Ciri-ciri tumbuhan berbiji, yaitu mempunyai akar, batang, daun, dan bunga

Tumbuhan berbiji dikelompokan menjadi 2, yaitu :

1. Gimnospermae (terbuka) à ex : melinjo & pakis haji

2. Angiospermae (tertutup) à ex : mangga, rambutan

Angiospermae dikelompokan menjadi 2, yaitu :

1. Dikotil (berkeping dua)

2. Monokotil (berkeping satu)

Ciri monokotil, yaitu (1) tulang daun umumnya sejajar (2) batang tak berkambium (3) akar

serabut (4) bagian-bagian bunga kelipatan tiga.

Tumbuhan monokotil dikelompokan menjadi 5 suku, yi :

1. Rumut-rumputan (Graminae), ex : jagung, padi

2. Pinang-pinangan (Palmae), ex : kelapa, sagu

3. Pisang-pisangan (Musaceae), ex : pisang ambon, raja

4. Anggrek-angrekan (Orchidaceae), ex : anggrek, vanili

5. Jahe-jahean (Zingiberaceae), ex : jahe, kunyit

Ciri dikotil, yaitu (1) tulang daun beranekaragam, yi menjari, menyirip dll (2) batang

berkambium (3) akar tunggang (4) bagian-bagian bunga kelipatan 2,4, atau 5.

Tumbuhan dikotil dikelaompokan menjadi 5 suku, yi :

1. Jarak-jarakan (Euphorbiaceae), ex : jarak, ubi, karet

2. Polong-polongan (Leguminoceae), ex : pete, kacang

3. Terung-terungan (Solanaceae), ex : terong, cabe, tomat

4. Jambu-jambuan (Myrtaceae), ex : jambu biji, jambu air

5. Komposite (Compositae), ex : bunga matahari

Keanekaragaman Hewan

Dunia hewan dibagi menjadi 2, yi :

1. Avertebrata (tidak bertulang belakang)

2. Vertebrata (bertulang belakang)

Kelompok hewan avertebrata, yi :

1. Protozoa (hewan bersel satu, ex : Amoeba, Paramecium, Euglena

2. Porifera (hewan berpori), ex : Sycons sp, Euspongia sp

3. Coelenterata (hewan rongga usus), ex : Anemon laut, Bahar, Karang batu

4. Platyhelminthes (cacing pipih), ex : Taenia sp (cacing pita), Planaria sp (cacing pipih)

5. Nemathelminthes (cacing gilik), ex : Ascaris sp (cacing perut), Oxyuris sp (cacing kremi)

6. Anelida (cacing beruas-ruas), ex : Pheretima sp(cacing tanah), Hirudo medicinalis (lintah)

7. Echinodermata (hewan berkulit duri), ex : bintang laut, landak laut

8. Molusca (hewan lunak), ex : Octopus sp (gurita), Loligo sp (sotong), Sepia sp (cumicumi),

Chlamis sp (tiram), Corbicula sp (remis), Lima scraba (kerang)

9. Insecta (serangga), ex : jangkrik, belalang

10. Crustacesa (udang-udangan), ex : kepiting

11. Arachnida (laba-laba), kalajenging, laba-laba

12. Myriapoda (lipan), ex : lipan, luing

Vertebrata dikelompokan menjadi 5, yi :

1. Pisces (ikan), ex : gurami, lele

2. Amfibia (hewan hidup 2 alam), ex : katak, salamander

3. Aves (burung), ex : perkutut, cocak rowo

4. Reptilia (melata), ex : kadal, buaya

5. Mamalia (menyusui), ex : sapi, kerbau

Kemampuan yang diuji 3 : Menjelaskan interaksi antarmakhluk hidup dalam ekosistem.

Ekosistem adalah hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya.

Ekologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik dan saling ketergantungan

antara makhluk hidup dengan lingkungannya.

Ekologi adalah ilmu yang mempelajari ekosistem.

Sumber energi utama dalam suatu ekosistem adalah sinar matahari.

Biosfer adalah lapisan permukaan bumi dan atmosfernya yang dihuni oleh makhluk hidup.

Ada beberapa satuan makhluk hidup dalam ekosistem, yaitu :

1. individu, yaitu satuan terkecil makhluk hidup

2. populasi, yaitu kumpulan individu sejenis yang mengadakan interaksi pada suatu

wilayah tertentu

3. komunitas, yaitu kumpulan makhluk hidup antar populasi yang mengadakan interaksi.

4. Ekosistem

Ekosistem ada 2 :

a. Ekosistem alami : danau, laut, sungai, dll

b. Ekosistem buatan : kolam, akuarium, sawah, dll

Ekosfer adalah lapisan bumi yang di dalamnya terdapat interaksi antara componen biotik

dan abiotik.

Biosfer adalah lapisan permukaan bumi dan atmosfer yang dihuni oleh seluruh makhluk

hidup.

Habitat adalah tempat hidup suatu makhluk hidup

Nisia adalah peranan makhluk hidup di habitatnya.

Dengan adanya nisia dapat menghindari terjadinya kompetisi antar spesies

Ada 2 komponen penyusun ekosistem, yaitu

1. komponen biotik, yang meliputi

  1. producen, sebagai penghasil bahan organik,
  2. konsumen tingkat I, consumen yang memakan producen
  3. consumen tingkat II, konsemen yang memakan consumen tingkat I,
  4. consumen puncak, consumen tingkat terakhir,
  5. dekomposer, menguraikan bahan organik menjadi anorganik

2. komponen abiotik, yang meliputi

  1. CO2
  2. H2O
  3. O2
  4. Tanah
  5. Suhu
  6. Kelembaban
  7. Cahaya matahari
  8. Ruangan.

Rantai makanan adalah peristiwa memakan dan dimakan dengan urutan tertentu.

Contoh :

Ulat -- burung prenjak --~~ burung rajawali --~~bakteri

Tumbuhan dimakan ulat, ulat dimakan burung prenjak, burung prenjak di makan burung

rajawali.

Keterangan :

1. Tumbuhan bertindak sebagai produsen

2. Ulat bertindak sebagai konsumen tingkat I

3. Burung prenjak bertindak sebagai konsumen tingkat II

4. Burung Rajawali bertindak sebagai konsumen tingkat III --konsumen puncak

5. Bakteri bertindak sebagai decomposer / pengurai

Jaring-jaring makanan adalah kumpulan beberapa rantai makanan yang saling

berhubungan.

Perhatikan jaring-jaring makanan di bawah ini :


Piramida makanan adalah bentuk piramida yang menggambarkan susunan terjadinya

perpindahan aliran energi dari produsen hingga konsumen tertinggi dalam ekosistem.

Perhatikan Piramida makanan di bawah ini :


Ekosistem akan seimbang jika komposisi penyusun ekosistem tersebut seimbang.

Eksosistem yang seimbang akan dapat bertahan lama, walaupun demikian ekosistem juga

dapat terganggu. Untuk mengatasi gangguan tersebut, ekosistem yang seimbang memiliki

daya lenting. Jadi daya lenting adalah kemampuan ekosistem untuk menuju keseimbangan

ekosistem.

Berdasarkan kemampuan kemampuan menyusun bahan organik, organisme penyusun

ekosistem ada 2, yaitu

  1. Autotrof, yaitu makhluk hidup yang dapat menyusun zat anorganik menjadi organik melalui proses fotosintesa atau kemosintesis, contohnya semua tanaman hijau
  2. Heterotrof, yaitu makhluk hidup yang tidakdapat menyusun zat anorganik menjadi organik sehingga untuk mendapatkan makanannya dengan cara memakan organismo lain, yang meliputi herbivora (camping, sapi) , karnívora (elang, singa), omnivora (manusia, monyet), scavenger (burung nasar), dan detritivor (rayap, cacing)

Kemampuan yang diuji 4 : Menjelaskan usaha-usaha manusia untuk mengatasi

pencemaran dan kerusakan lingkungan.

Pencemaran lingkungan dapat dibedakan menjadi 4, yaitu tanah, suara, air, & udara.

  1. Pencemaran tanah, yaitu masuknya polutan berupa bahan cair atau padat yang masuk ke dalam tanah.
  2. Pencemaran suara, dapat ditanggulangi dengan membuat dinding kedap suara, menanam tanaman di sekitar rumah, tidak membuat kegaduhan
  3. Pencemaran air, yaitu masuknya polutan berupa bahan cair atau padat yang masuk ke dalam air.
  4. Pencemaran udara, yaitu adanya polutan di udara

Dampak dari pencemaran air adalah

  1. punahnya organisme air
  2. ikan yang tercemar dapat meracuni orang yang memakannya

Cara penanggulangan pencemaran air, meliputi :

1. tidak membuang limbah cair ke sungai

2. tidak membuang sampah di sembarang tempat

3. tidak membuang sisa obat ke sungai.

Pencemaran udara, dapat diakibatkan oleh :

  1. Gas hasil pembakaran, meningkatnya karbondioksida di udara dapat menyebabkan efek rumah kaca, yang kemudian dapat mengakibatkan pemanasan global.Meningkatnya belerag dioksida dapat mengakibatkan hujan asam, sebab gas tersbut bereaksi dengan air membentuk asam sulfat.
  2. Gas CFC (chlorofluorocarbon), gas ini banyak digunakan untuk gas pengembang busa, AC dan lemari es. CFC dapat bereaksi dengan ozon, sehingga ozon dapat berkurang.

Upaya penanggulangan pencemaran udara berupa :

  1. Ditingkat rumah tangga -dapat berupa tidak membakar sampah di pekarangan, tidak menggunakan lemari es, tidak merokok di dalam ruangan.
  2. Ditingkat wilayah --dapat berupa reboisasi, memelihara tanaman kota, tidak menebang hutan scara liar.
  3. Ditingkat nasional, dapat berupa larangan insektisida berbahaya, keharusan membuat cerobong asap pada pabrik, lokasi industri yang jauh dari lingkungan

Kegiatan berwawasan lingkungan dapat berupa :

1. Perlombaan berwawasan lingkungan

2. Pemanfaatan ulang dan daur ulang

3. Penghijauan dan pembersihan lingkungan

Kemampuan yang diuji 5 : Mengidentifikasi usaha manusia dalam melestarikan makhluk

hidup.

Perlindungan Keanekaragaman Hayati

Perlindungan keanekargaman hayati dapat dilakukan dengan cara :

1. Cagar Alam, yaitu perlindungan alam dengan membiarkan ekosistem dalam suatu

wilayah apa adanya yang bertujuan untuk melindungi ciri khas tumbuhan, hewan dan

ekosistem alam. Contohnya cagar alam Pangandaran.

2. Taman Nasional, bertujuan untuk melindungi flora, fauna dan ekosistemnya untuk

kepentingan pengembangan ilmu pengetahuan, pendidikan, budaya dan rekreasi alam.

Contohnya taman nasional Bogor, taman nasional Suka Bumi, dan taman nasional bukit

barisan

3. Hutan Wisata, yi hutan produksi yg jg untuk objek wisata.

4. Taman Laut, merupakan wilayah lautan yang memiliki keanekaragaman laut tinggi, unik

dan indah. Contohnya taman laut Bunaken di Sulawesi Utara.

5. Hutan Lindung, berfungsi sebagai daerah resapan air.

6. Kebun Raya, yaitu kebun buatan yang berguna untuk menghimpun tumbuhan dari

berbagai tempat untuk dilestarikan. Contonhya kebun raya Bogor.

Berdasarkan pada tempat pemeliharaannya ada 2 pemeliharaan, yaitu

1. Pemliharaan in situ, yaitu pemeliharaan hewan atau tumbuhan di habitat aslinya.

Contohnya memelihara ikan di suatu danau.

2. Pemeliharaan ex situ, yaitu pemeliharaan hewan atau tumbuhan di luar habitat aslinya,

Namur kondisinya diusahakan sama dengan habitat aslinya. Contohnya jalak bali berhasil

di tangkar baru kemudian dilepas di habitat aslinya.

Kita dapat membantu melestarikan keanekaragaman makhluk hidup dengan cara :

1. Tidak membunuh hewan dan tumbuhan liar

2. Tidak membuang sampah sembarangan

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN 8 :

MENGAITKAN HUBUNGAN ANTAR STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN / ORGAN PADA

TUMBUHAN DAN MANUSIA

Kemampuan yang diuji 1 : Menentukan jenis tulang/sendi/otot pada alat gerak manusia

beserta fungsinya.

Sistem Gerak

Sistem gerak terdiri dari rangka dan otot.

Tulang merupakan alat gerak pasif, karena tulang tidak dapat bergerak tanpa bantuan

otot.

Berdasarkan jenisnya, tulang dibagi menjadi 2, yaitu tulang keras dan tulang rawan.

Ada 3 jenis tulang rawan, yi :

1. Hialin, ex : dinding trakea, sendi tulang, antara tl rusuk dan tl. dada

2. Elastis, ex : tl hidung & telinga

3. Serabut, ex : antar rusuk tulang belakang

Osifikasi adl proses terjadinya tulang rawan menjadi tulang keras.

Berdasarkan bentuknya ada 4 tulang, yaitu :

1. Pipa/panjang, ex : tulang lengan, paha, betis, ruas jari kaki &tangan

2. Pipih, ex : tulang rusuk, dada, belikat, tengkorak

3. Pendek, ex : ruas tl. belakang, pergelangan kaki & tangan

4. Tidak bearaturan, ex : tl rahang & tl punggung

Berdasar sifat bahan penyusunnya, ada 2 macam tulang, yi :

1. Tulang kompak, ex : lapisan luar tulang pipa

2. Tulang spons, ex : tulang pendek & tulang pipih

Ada 2 macam sumsum tulang, yaitu :

1. Sumsum merah, tempat pembentukan sel darah merah. Terdapat pd tulang tengkorak,

ruas tulang belakang, & tulang rusuk

2. Sumsum kuning, terdapat pd tulang anggota gerak orang dewasa

Pertumbuhan tulang terjadi pada daerah pertumbuhan didekat ujung tulang yg disebut

cakra epifise.

Perhatikan gambar bagian-bagian tulang tubuh di bawah ini :

Sendi adalah hubangan antar tulang gerakan.

Sendi dibagi menjadi 3, yi :

1. Sendi mati / sinartrosis, tidak dapat digerakan. Ex : hubungan antar tulang tengkorak

2. Sendi kaku / amfiartrosis, dapat digerakan terbatas. Ex : hubungan antar tulang

belakang, hubungan antara tulang rusuk dengan tulang dada.

3. Sendi gerak / diartrosis, dapat digerakan leluasa.

Sendi gerak dibagi menajdi 4, yi :

1. Engsel, ex lulut & kaki

2. Putar, ex : antara kepala dan leher

3. Pelana, ex : ruas tulang jari tangan

4. Peluru, ex : hubungan antara lengan atas dg bahu

Perhatikan kelainan tulang di bawah ini :

1. Skoliosis

2. Kifosis

3. Lordosis

Otot ada 3, yi :

1. Otot polos : berinti 1, berbentuk gelondong, & bekerja diluar kesadaran

2. Otot lurik : berinti banyak, bentuknya silindris lurik tidak bercabang, & bekerja sadar

3. Otot jantung : berinti banyak, serabut lurik bercabang, & bekerja diluar kesadaran.

Kerja otot ada 2, yi :

1. Antagonis / berlawanan, ex bisep & trisep

2. Sinergis / bersamaan, ex : pronator teres & pronator kuadratus

Kemampuan yang diuji 2 : Menjelaskan sistem pencernaan dan enzim-enzim yang

berperan pada proses pencernaan.

Sistem Pencernaan Manusia

Perhatikan gambar alat-alat pencernaan di bawah ini :

Di mulut terjadi 2 kali pencernaan, yi :

1. Pencernaan mekanaik : saat pengunyahan makanan oleh gigi

2. Pencernaan kimiawi : pencernaan dg bantuan enzim ptialin / saliva / ludah

Dikerongkongan terjadi gerakan meremas & mendorong makanan pada kerongkongan shg

masuk kelambung yang disebut sbg gerak peristaltik.

Enzim pencernaan di mulut terdiri dari :

1. Ptialin : karbohidrat àgula

Enzim pencernaan di lambung terdiri dari :

1. Pepsin : protein à pepton

2. Renin : menggumpalkan protein susu

3. HCL : bunuh organisme asing

Enzim pencernaan di pankreas terdiri dari :

1. Tripsin : pepton à asam amino

2. Amilopsin : karbohidrat à gula

3. Lipase : lemak à asam lemak & gliserol

Enzim pencernaan di usus halus meliputi :

1. Maltase : maltosa à glukosa

2. Amilase : amilum à maltosa

3. Sukrase : sukrosa à fruktosa

4. Lipase : lemak à asam lemak & gliserol

5. Eripsin : pepton à asam amino

6. Laktase : laktosa à glukosa & galaktosa

7. Enterokinase : mengaktifkan tripsinogen à tripsin

Kemampuan yang diuji 3 : Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia dan

penyakit yang berhubungan dengannya.

Sistem Transportasi Manusia

Darah dibagi menjadi 2, yi :

1. Plasma darah (cair) : serum & fibrinogen

2. Sel darah (padat) : eritrosit, leukosit, trombosit

Plasma darah befungsi untuk :

1. mengangkut atau mengedarkan sari makanan yang terlarut ke seluruh bagian tubuh

(asam amino, glukosa, asam lemak, vitamin)

2. Mengangkut zat sisa metabolisme dari jaringan atau sel tubuh.

3. Serum sbg zat anti bodi

4. Fibrinogen berperan dlm pembekuan darah

Fungsi eritrosit adalah untuk mengangkut oksigen (hemoglobin)

Leukosit berfungsi untuk membunuh kuman penyakit.

Fungsi darah :

1. Alat pengangkut (oksigen, sari-sari makanan, sisa metabolisme, hrmon, urea,

karbondioksida)

2. Membunuh kuman penyakit

3. Membekukan darah

4. Menjaga suhu tubuh

Perhatikan gambar jantung di bawah ini :

Peredaran darah tertutup adl peredaran darah yang selalu beredar di dalam pembuluh

darah

Peredaran darah besar :

Bilik kiri à seluruh tubuh à serambi kanan

Peredaran darah kecil :

Bilik kanan à paru-paru à serambi kiri

Fungsi getah bening adl menyerap lemak dlm usus halus

Limpa berfungsi untuk :

1. Tempat pembentukan sel darah putih

2. Tempat membunuh kuman penyakit

3. Tempat pembongkaran sel darah merah yg telah mati

4. Tempat cadangan sel darah

Fungsi tonsil sbg pertahanan tubuh dr kuman yang masuk ke dlm mulit & hidung.

Ada beberapa penyakit pada system peredaran darah, yaitu :

1. AIDS --penyakit system kekebalan tubuh

Penyebab : virus HIV

2. Ambeien / wasir -- pembuluh darah disekitar anus melebar

Penyebab : terlalu banyak duduk

3. Anemia --kekurangan sel darah merah

4. Angina --darah dalam jantung sedikit

5. Asteriosklorosis --pengerasan pembuluh nadi

6. Hemofilia --darah tidak dapat membeku

7. Hipertensi --tekanan darah di atas normal

8. Hipotensi -- tekanan darah di bawah normal

9. Leukimia / kanker darah --sel darah putih membelah secara tidak terkendali

10. Leukopenia / Leukositosis --sel darah putih sangat sedikit

11. Limfadenitis --peradangan kelenjar limfa

12. Parikarditis -- peradangan pada selaput pemabungkus jantung

13. Serangan jantung -- suplai darah ke otot jantung sangat kurang.

14. Talasemia --sel darah merah yang tidak normal

15. Varises --pembuluh darah vena membesar

Kemampuan yang diuji 4 : Menjelaskan proses pada sistem ekskresi (ginjal).

Fungsi ginjal :

1. Filtrasi à kapsul Bowman

2. Reabsorpbsi à penyerapan terjadi pd saat perjalanan dari kapsul Bowman menuju ke

saluran pengumpul

Dalam keadaan normal, urine mengandung :

1. air, urea, amonia (perombakan protein)

2. Garam mineral (garam dapur)

3. Zat warna empedu à kuning

4. Zat yg berlebihan pd darah : vitamin, obat-obatan, hormone

Kemampuan yang diuji 5 : Menjelaskan sistem saraf pada manusia.

Sistem Saraf

Fungsi sistem saraf :

1. Alat pengenal perubahan yg terjadi di luar tubuh atau sbg penghubung antara tubuh dg

dunia luar melalui indra

2. Alat pengatur / pengendali tanggapan thd keadaan sekitar

3. Mengatur & mengendalikan kerja organ tubuh shg organ tsb dpt bekerja sesuai

Fungsinya

Fungsi bagian-bagian sel saraf :

1. Dendrit à menerima & menghantarkan rangsangan menuju ke badan sel saraf

2. Neurit / akson à menghantarkan rangsangan dari badan sel saraf ke sel saraf lainnya

3. Sel Schwann à menyediakan makanan utk neurit & membantu regenerasi neurit

4. Nodus renvier & Neurofibril à mempercepat penyamapian rangsangan

Sistem saraf dibagi 2 :

1. Sistem saraf pusat

2. Sistem saraf tepi

Sistem saraf pusat dibagi 2 :

1. Otak

2. Sumsum tulang belakang

Sistem saraf tepi dibagi 2 :

1. Sistem saraf somatik / sadar

2. Sistem saraf autonom / tak sadar

Sistem saraf somatik dibagi 2 :

1. 12 pasang saraf otak (saraf kanial)

2. 31 pasang saraf sumsumm tulang belakang (sraf spinal)

Sist. saraf autonom dibagi 2 :

1. Sistem saraf simpatik

2. Sistem saraf simpatetik

System syaraf pusat meliputi :

1. Otak depan à yg plg dominan adl tak besar / serebrum yg berfungsi sbg pusat

pengendalian gerak yg di sadariex : berpikir, berbicara, melihat

2. Otak tengah à (1) menyampaikan rangsangan antara otak depan dg otak tengah serta (2)

menyampaikan rangsangan antara otak depan dg mata

3. Otak belakang à bagian uatamanya : (1) otak kecil (serebelum) à mengatur

keseimbangan tubuh & sbg pusat koordinasi kerja otot saat bergerak, (2) Sumsum lanjutan

(medula oblongata) à pusat pengatur denyut jantung, pernafasan, tekanan darah, & suhu

tubuh.

4. Sumsum tukang belakang (medula spinalis) à penghantar impuls saraf dari & menuju

otak serta sbg pusat gerak refleks.

Perbedaan gerak biasa dengan gerak refleks :

1. Gerak Biasa : Impus à indra à saraf sensori à otak à saraf motor à otot (respon

2. Gerak Refleks : Impus à indra à saraf sensori à saraf penghubung à saraf motor à otot

(respon

Kemampuan yang diuji 6 : Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan/organ pada

tumbuhan.

Struktur and Fungsi Jaringan/Organ pada Tumbuhan

A. Pengelompokan Tumbuhan Berdasar Cara Adaptasi pada Lingkungannya

Berdasarkan cara adaptasi pada lingkungannya tumbuhan dibagi menjadi 4, yi :

1. Xerofit, menyesuaikan pd daerah kering, biasanya daun kecil, berduri & berlapis lilin, ex :

kaktus

2. Higrofit, menyesuaikan pd daerah lembab/basah, biasanya daun lebar & tipis, ex : keladi

3. Hidrofit, menyesuaikan pd lingkungan air, ex : enceng gondok, terate

4. Tropofit, menyesuaikan diri dg lingkungan kering & basah, ex kapuk randu & jati

B. Pengelompokan Tumbuhan Berdasarkan Kebutuhan Oksigen

Berdasarkan keperluan terhadap oksigennya, tumbuhan dibagi menjadi 2 :

1. Aerob (memerlukan oksigen) à terjadi respirasi

2. Anaerob (tak memerlukan oksigen) à tidak terjadi respirasi shg utk memperoleh energi

dilakukan mell fermentasi/peragian. Adapun yg dimaksud dengan fermentasi adalah

proses cara memperoleh energi pd tumbuhan anaerob dg cara mengubah karbohidrat

menjadi gula yang kemudian gula diubah lg menjadi alkohol.

Teknologi fermentasi jg dimanfaatkan utk memproduksi makanan, yi tempe (Rhizopus sp),

tape (Sacharomices sp), yogurt (Lactobacillus sp)

C. Organ Pada Tumbuhan

Organ pada tumbuhan meliputi :

1. Akar

Fungsi akar, yaitu :

a. menyerap air dan garam-garam mineral dari tanah

b. untuk memperkokoh tegaknya tumbuhan

c. dapat menyimpan cadangan makanan

d. membantu pernafasan

Struktur luar akar terdiri dari :

a. rambut akar --memperluas daerah absorbsi mineral dan air dari dalam tanah

b. tudung akar / kaliptra -- melindungi sel akar

Perbedaan akar monokotil dan dikotil, yaitu

a. system perakaran monokotil serabut, sedangkan system perakan dikkotil tunggang

b. akar monokotil tidak berkambium sedangkan akar dikotil berkambium

2. Batang

Batang di bagi menjadi 2, yaitu :

a. Batang monokotil

Ciri-ciri batang monokotil :

1) Batang umumnya tidak bercabang

2) Tidak berkambium

b. Batang dikotil

Ciri-ciri batang dikotil :

1) Batang umumnya tidak bercabang

2) Tidak berkambium

Kambium --pembelahan sel. Membelah keluar membentukl floem, membelah ke dalam

membentuk xilem.

Xilem --mengangkut air dan garam mineral dari akar ke daun

Floem --mengangkut zat organik hasil fotosintesa dari daun ke seluruh bagian tubuh

tumbuhan

Korteks --tempat proses pertukaran gas dan sebagai tempat cadangan makan

3. Daun

Perbedaan daun monokotil dan dikotil :

a. pertulangan daun monokotil sejajar, sedangkan pertulangan daun dikotil menjari /

menyirip

b. daun monokotil berpelepah sedangkan daun dikotil tidak berpelepah

Epidermis --melindungi bagian yang ada di bawahnya

Palisade -- sebagai tempat fotosintesa

Spons -- tempat cadangan CO2 yang akan digunakan untuk fotosintesa

Stomata --&~~SPECIAL_REMOVE!#~~gt; alat pernafasan

4. Bunga / Flower

Bunga berfungsi sebagai alat perkembangbiakan vegetatif.

Berdasarkan bagian-bagiannya, bunga dibagi menajdi 4, yaitu

a. Bunga lengkap --&~~SPECIAL_REMOVE!#~~gt; bunga yang memiliki seluruh bagian-bagian bunga (benang sari, putik,

mahkota, kelopak). Contoh bunga sepatu

b. Bunga tidak lengkap --&~~SPECIAL_REMOVE!#~~gt; bunga yang tidak memiliki seluruh bagian bunga, contoh bunga

melati

c. Bunga sempurna --&~~SPECIAL_REMOVE!#~~gt; bunga yang mempunyai dua alat kelamin (benang sari dan putik).

Contoh bunga sepatu

d. Bunga tidak sempurna --&~~SPECIAL_REMOVE!#~~gt; bunga yang hanya memiliki salah satu alat kelamin (putik saja

atau benang sari saja). Contoh bunga salak

5. Buah dan Biji / Fruit and Seed

Biji berfungsi sebagai embrio tumbuhan

Berdasarkan pembentukannya, buah dibagi menajadi 2, yaitu :

a. Buah sejati --&~~SPECIAL_REMOVE!#~~gt; dibentuk oleh seluruh jaringan pada bakal buah. Contoh : pepaya, durian,

mangga, tomat dll

b. Buah semu --&~~SPECIAL_REMOVE!#~~gt; dibentuk bukan hanya dari bakal buah saja, tetapi juga dari bagian-bagian

bunga yang lain.

Contohnya :

1) Nanas --&~~SPECIAL_REMOVE!#~~gt; dibentuk dari bakal buah dan kelopak bunga

2) Apel --&~~SPECIAL_REMOVE!#~~gt; buahnya berasal dari bunga yang menggembung

3) Nangka --&~~SPECIAL_REMOVE!#~~gt; berasl dari kelopak bunga yang menebal

4) Jambu mede --&~~SPECIAL_REMOVE!#~~gt; berasal dari tangkai bunga yang membesar

D. Pernafasan Pada Tumbuhan

Pernafasan merupakan proses untuk menghasilkan energi melalui oksidasi biologi dengan

reaksi sebagai berikut :

C6H12O6 + O2 --&~~SPECIAL_REMOVE!#~~gt; CO2 + H2O

Organ pernafasan pd tumbuhan ada 2, yi :

1. Stomata à di daun

2. Lentisel à di batang & akar

Organ pernafasan khusus :

1. Akar nafas pd bogem (Sonneratia sp) & kayu api (Avicennia sp)

2. Akar gantung pd anggrek kalajengking (Arahnis flasaeris)

3. Saluran udara pd padi, kangkung, enceng gondok

4. Rongga udara pd enceng gondok

E. Pengangkutan Air dan Garam Mineral Pada Tumbuhan

Naiknya air ke daun dipengaruhi oleh 3 faktor, yi :

1. Tekanan akar à pengaruh osmosis (air di dalam batang lebih pekat dr pd air tanah)

2. Kapilaritas batang à sel kapilaritas pd batang

3. Daya isap daun à pengaruh transpirasi

F. Transpirasi

Transpirasi pada tumbuhan dipengaruhi :

1. Suhu

2. Kelembaban relatif

3. Atmosfer

4. Cahaya

5. Persediaan air tanah

G. Ekskresi Pada Tumbuhan

Pengeluaran pd tumbuhan :

1. Gas à gas dikeluarkan mll stomata

2. Air à air dikeluarkan mll stomata &lentisel.

Gutasi adl keluarnya titik air pd ujung daun

Kemampuan yang diuji 7 : Menjelaskan respons tumbuhan terhadap pengaruh

lingkungan luar.

Gerak Pada Tumbuhan

Berdasarkan penyebabnya gerak pada tumbuhan di bagi menjadi 3, yaitu :

1. gerak autonom/endonom

gerak autonom/endonom adalah gerak yang belum diketahui penyebabnya secara pasti.

Contoh : daun kobis yang selalu menguncup.

2. gerak higroskopis

Gerak higroskopis ádalah gerak yang ditimbulkan oleh pengaruh perubahan kadar air

(kelembaban). Contohnya membukanya kotak spora pada tumbuhan paku dan pecahnya

kulit buah pada tumbuhan tertentu seperti jarak, karet dan petai cina.

3. gerak esionom

gerak esionom adalah gerak yang terjadi karena rangasangan dari luar.

Gerak esionom dibedakan menjadi 3, yaitu :

1. Tropisme

Triopisme adalah gerak pada tumbuhan yang dipenagruhi oleh arah datangnya

rangsangan.

Ada beberapa gerak tropisme, yaitu :

a. Geotropisme

Geotropisme, yaitu tropisme yang disebabkan adanya gravitasi.

Geotropisme ada 2, yaitu

- Georopisme positif --&~~SPECIAL_REMOVE!#~~gt; bila arah geotropisme searah dengan grafitasi. Contohnya

tumbuhnya akar ke dalam tanah.

- Geotropisme negatif --bila arah geotropisme berlawanan dengan grafitasi.

Contohnya ujung batang tumbuhan yang tumbuh ke atas.

b. Fototropisme

Fototropisme adalah tropisme yang dipengaruhi oleh cahaya. Contohnya gerakan

daun yang cenderung menuju kearah datangnya cahaya.

c. Hidrotropisme

Hidrotropisme adalah tropisme yang dipengaruhi oleh air

Contohnya gerak akar yang cenderung menuju ke tempat yang barair

d. Tigmotropisme

Tigmotropisme adalah tropisme yang dipengaruhi oleh adanya

sentuhan/persinggungan. Contohnya gerak tumbuh ujung tanaman bersulur

(gadung)yang membelit batang.

2. Nasti / Nasty

Nasti adalah gerak pada tumbuhan yang tidak dipengaruhi oleh arah datangnya

rangsangan.

Ada beberapa gerak nasti, yaitu :

a. Tigmomonasti

Tigmomonasti adalah nasti yang disebabkan karena sentuhan. Contohnya menutupnya

daun putri malu (Mimosa pudica)saat disentuh

b. Fotonasti

Fotonasti adalah nasti yang disebabkan oleh cahaya.

Contoh :

- membuka dan menutupnya bunga pukul empat (Mirabilis jalapa)

- mekarnya bunga matahari

c. Niktinasti

Niktinasti adalah nasti yang disebabkan karena suasana gelap

Contoh :

- menutupnya bunga kupu-kupu pada malam hari

- mengatupnya daun majemuk petai cina pada malam hari

d. Termonasti

Termonasti adalah nasti yang terjadi karena rangsangan suhu.

Contonhya mengembangnya bunga tulip ketika suhu panas dan akan menutup pada suhu

turun.

e. Nasti kompleks

Nasti kompleks adalah nasti yang disebabkan oleh beberapa penyebab sekaligus (CO2,

cahaya, suhu, zat kimia dll).

Contohnya membuka dan menutpnya stomata terjadi karena dipengaruhi oleh cahaya, air

dan zat kimia.

3. Taxis

Taxis adalah gerak pindah tempat pada tumbuhan

Ada 2 gerak taxis, yaitu

a. Kemotaxis

Kemotaxis adalah taxis yang dipengaruhi oleh zat kimia.

Contohnya gerak spermatozoid menuju sel telur

b. Fototaxis

Fototaxis adalah taxis yang dipengaruhi oleh cahaya.

Contoh :

- spora mempunyai bulu cambuk yang bergerak menuju tempat yang lebih terang

- klorofil yang cenderung bergerak kebagian daun yang terdedah cahaya.

Kemampuan yang diuji 8 : Menjelaskan proses fotosintesis dan percobaanpercobaan

tentang proses tersebut

Fotosintesis

A. Tahapan-tahapan Fotosintesis

Tahapan-tahan fotosintesis, yaitu :

1. Rekasi terang

Klorofil menangkap cahaya, kemudian energi yang ditangkap klorofil tersebut digunakan

untuk memecah molekul air. Pemecahan molekul iar tersebut disebut fotolisis. Sedangkan

reaksi fotolisis sbb :

2H2O --&~~SPECIAL_REMOVE!#~~gt; 2H2 + O2

2. Reaksi gelap

Pada proses ini terjadi pengikatan karbondioksida di dalam daun. Karbondioksida ini akan

bergabung dengan hydrogen yang dihasilkan pada reaksi terang untuk membentuk gula.

B. Reaksi Fotosintesis

Proses fotosintesa secara lengkap dengan reaksi sebagai berikut

Sinar matahari

CO2 + H2O -----------------------C6H12O6 + O2

klorofil

Faktor-faktor yang mempengaruhi fotosintesa, yaitu CO2, H2O, C6H12O6, O2, klorofil, dan

Cahaya

C. Uji Iodin

Iodin merupakan salah satu bahan indicator karbohidrat. Apabila suatu bahan

mengandung karbohidrat maka setelah ditetesi Iodin warnanya menjadi biru keahitaman.

Uji Iodin biasa dilakukan untuk mengeatahui apakah telah terjadi fotosintesis atau belum.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN 9 : MENGAPLIKASIKAN KONSEP PERTUMBUHAN DAN

PERKEMBANGAN, KELANGSUNGAN HIDUP DAN PEWARISAN SIFAT PADA ORGANISME

SERTA KAITANNYA DENGAN LINGKUNGAN, TEKNOLOGI DAN MASYARAKAT

Kemampuan yang diuji 1 : Menjelaskan konsep perilaku makhluk hidup untuk

mempertahankan kelangsungan hidupnya.

Kelangsungan Hidup Organisme

Kelangsunga hidup organisme dipengaruhi oleh :

1. Adaptasi

2. Seleksi alam

3. Kemampuan berkembangbiak

Adaptasi ada 3, yi :

1. Morfologi, ex : bentuk paruh burung bermacam-macam sesuai dg jenis makanannya

2. Fisiologi, ex : manusia yg biasa hidup di dataran tinggi cenderung mempunyai eritrosit

lebih banyak dari pada manusia yg biasa hidup di dataran rendah

3. Tingkah laku, ex : ular menjulurkan mulut untuk mengenali mangsanya.

Faktor yang mempengaruhi seleksi alam :

1. Suhu lingkungan

2. makanan

Kemampuan yang diuji 2 : Menginterpretasikan hasil persilangan berdasarkan hukum

Mendel.

Genetika :

Monohibrid adalah persilangan dengan sau sifat beda

Dihibrid persilangan dengan dua sifat beda

Sifat fenotip adalah sifat yang tampak. Contoh rambut kriting, bunga sepatu berwarna

Merah

Sifat genotip adalah sifat yang dilukiskan dalam bentuk symbol. Contoh : MM, Mm, BB,

dan sebagainya.

Contoh soal :

1. Pada persilangan bunga sepatu, disilangkan bunga sepatu merah (MM) dan bunga

sepatu putih (mm) sehingga dihasilkan anakan warna merah (Mm). Apabila keturunan

pada F1 disilangkan antar sesamanya, maka

a. Bagaimanakah perbandingan fenotip pada F2 ?

b. Bagaimanakah perbandingan genotip pada F2 ?

c. Berapakah kemungkinan prosentase dihasilkan anakan berwarna merah pada F2 ?

Kunci jawaban :

a. Perbandingan fenotip pada F2 adalah :

Merah : putih = 3 : 1

b. Perbandingan fenotip pada F2 adalah :

MM : Mm : mm = 1 : 2 : 1

c. Prosentase dihasilkan anakan berwarna merah pada F2, adalah 75 %

2. Pada persilangan bunga pucung, disilangkan bunga pucung ungu (UU) dan bunga sepatu

putih (uu) sehingga dihasilkan anakan warna ungu muda (Uu). Apabila keturunan pada F1

disilangkan antar sesamanya, maka

a. Bagaimanakah perbandingan fenotip pada F2 ?

b. Bagaimanakah perbandingan genotip pada F2 ?

c. Berapakah kemungkinan prosentase dihasilkan anakan berwarna putih pada F2 ?

Kunci jawaban :

a. Perbandingan fenotip pada F2 adalah :

Ungu : Ungu muda : putih = 1 : 2 : 1

b. Perbandingan fenotip pada F2 adalah :

UU : Uu : uu = 1 : 2 : 1

c. Prosentase dihasilkan anakan berwarna putih pada F2, adalah 25 %

3. Pada persilangan kacang ercis, disilangkan kacang ercis berbiji bulat kuning disilangkan

dengan kacang ercis berbiji keriput hijau. Apabila bulat kuning merupakan warna dominan

terhadap warna lainnya dan keturunan pada F1 disilangkan anatar sesamanya maka :

a. Bagaimanakah perbandingan fenotip pada F2 ?

b. Berapakah kemungkinan prosentase dihasilkan anakan bulat kuning pada F2 ?

Kunci jawaban :

a. Perbandingan fenotip pada F2 adalah :

Bualat kuning : bulat hijau : keriput kuning : keriput hijau = 9 : 3 : 3 : 1

b. Prosentase dihasilkan anakan berwarna bulat kuning pada F2, adalah 56,25 %

Kemampuan yang diuji 3 : Menjelaskan teknologi reproduksi yang tepat untuk

meningkatkan kualitas dan kuantitas organisme disertai dengan contohnya.

Teknologi Reproduksi

Teknologi reproduksi meliputi :

1. Kawin silang / bastar

Kawin silang merupakan penerapan teknologi di bidang reproduksi yang paling sederhana,

karena kita tinggalkan mengawinkan indukan unggul yang seperti kita inginkan. Contoh

hasil penerapan teknologi dengan metode kawin silang yang sering kita jumpai yaitu

jagung hibrida, sapi potong dll

2. Kultur jaringan

Kultur jaringan adalah keguiatan membudidayakan suatu jarigan tanaman atau hewan

secara vegetatif menjadi tanaman aztau hewan yang memilki sifat sama dengan induknya

dalam waktu yang singkat.

Mangfaat kultur jaringan :

a. mendapatkan bibit dalam jumlah banyak dalam waktu yang singkat dengan sifat yang

sama dengan induknya

b. membuat tumbuhan dengan sifat-sifat yang kita kehendaki

c. hemat dari segi waktu, ruang dan tenaga

Contoh hasil penerapan teknologi dengan metode kawin silang yang sering kita jumpai

yaitu bunga anggrek, dll

3. Inseminasi buatan / Kawin suntik

Inseminasi buatan dilakukan dnegan menyuntikan semen dari hewan jantan pada hewan

betina.

Inseminasi buatan umunya dilakukan pada hewan ternak, misalnya sapi, kambing dll.

4. Fertilisasi in vitro / bayi tabung

Fertilisasi terjadi di dalam tabung. Teknologi bayi tabung sudah dilakukan di beberapa

rumah sakit di Indonesia.

5. Kloning

Kloning merupakan salah satu teknologi reproduksi untuk menghasilkan individu baru

secara aseksual sehingga individu baru mempunyai sifat yang sama dengan induknya.

Kloning pertama dilakukan pada domba, domba itu diberi nama Dolly.

Kemampuan yang diuji 4 : Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan

manusia.

Bioteknologi

Bioteknologi adalah pemanfaatan prinsip-prinsip ilmiah dalam menggunkan organisme

untuk menghasilkan produk dan jasa untuk memenuhi keabutuhan manusia.

Bioteknologi ada 2, yaitu :

1. Konvensional

Bioteknologi koenvensioanal biasanya menggunakan mikroorganisme (bakteri dan jamur)

2. Modern

Bioteknologi modern meliputi : rekayasa genetika, hidroponik aeroponik, dan teknologi

reproduksi.

Ada beberapa mikroorganisme yang telah dimanfaatkan untuk menghasilkan produk

tertentu, yaitu :

1. Aspergillus oryzae -- kecap

2. Aspergillus wenti -- taucho

3. Rhyzopus sp --tempe

4. Neurospora sp -- oncom

5. Saccharomyces sp -- tape, bir

6. Streptococus lactis -- keju

7. Lactobacillus sp --yogurt

8. Acetobaster -- asam cuka

9. Pseudomorus sp -- Vitamin B12

10. Penicillium sp - penisilin

Penerapan bioteknologi di bidang pertanian :

1. Hidroponik

Media tanam yang digunakan genting, passir, kerikil dllyang disiram dengan larutan berisi

nutrient yang diperlukan tanaman.

2. Aeroponik

Tanaman dibiarkan menngantung dan dijaga kelembabanya.

Penerapan bioteknologi dengan cara rekombinasi gen (rekayasa genetika telah dilakukan,

seperti di bawah ini, yaitu :

1. Pembuatan insulin

Gen penghasil insulin disambung dengan Eschercia coli sehingga bakteri tersbut dapat

menghasilkan insulin

2. Racun serangga

Penyuntikan Pseudomanas flouroscens ke akar tumbuhan jagung seahingga tumbuhan

mampu menghasilkan racun yang mematikan serangga.

Dampak positif penerapan bioteknologi :

1. mengurangi kekurangan bahan makanan

2. membantu mengastasi maslah kesehata

3. menyediakan berbagai senyawa organic, seperti alcohol dll

4. menyediakan energi (biogas)

5. memperbaiki lingkungan

6. mengatasi kesulitan memperoleh keturunan (bayi tabung)

Dampak negative penerapan bioteknologi :

1. Tidak semua masyarakat menerima bioteknologi

2. Ada kehawatiran ketrampilan merekayasa gen digunakan untuk kejahatan




Responses

0 Respones to "SOAL PEMANASAN UN 2011 SMP"

Posting Komentar

 
Return to top of page Copyright © 2010 | 2012 - Lost Saga Template Copyright 2010-2012 MasihTertulis