RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Jenjang Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : BIOLOGI IPA
Kelas / Semester : IX / I
Alokasi waktu : 3 X 40’ ( 2X Pertemuan )
Standar Kompetensi :
- Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup.
Kompetensi Dasar :
- Mengidentifikasi kelangsungan hidup makhluk hidup melalui adaptasi, seleksi alam dan perkembangbiakan.
- Siswa dapat menjelaskan cara-cara makhluk hidup beradaptasi terhadap lingkungannya.
- Siswa dapat mengidentifikasi macam-macam adaptasi pada makhluk hidup.
- Siswa dapat menjelaskan bagaimana aterjadinya adaptasi melalui seleksi alam.
- Siswa dapat menganalisis manfaat berkembang biak bagi makhluk hidup.
Karakter siswa yang diharapkan
- Disiplin ( Discipline )
- Rasa hormat dan perhatian ( respect )
- Tekun ( diligence )
- Tanggung jawab ( responsibility )
- Ketelitian ( carefulness)
- Adaptasi Makhluk Hidup
- Seleksi Alam
- Perkembangbiakkan Makhluk Hidup
- Pendekatan : Pembelajaran Kontekstual.
- Metode : Diskusi Informasi, Percobaan
- Model Pembelajaran : Pembelajaran langsung dan pembelajaran kooperatif
Pertemuan Pertama
Kegiatan Pendahuluan
Motivasi :
- Ada berapa macamkah adaptasi makhluk hidup itu ?
- Siswa telah memahami cirri-ciri makhluk hidup.
Kegiatan Inti :
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi- Guru: melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber
- Siswa dapat menjelaskan cara-cara makhluk hidup beradaptasi terhadap lingkungannya.
- Siswa dapat mengidentifikasi macam-macam adaptasi pada makhluk hidup.
- Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain
- Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya
- Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
- Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
- Guru membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna
- Melengkapi kalimat berdasarkan pemahaman akan suatu percakapan
- Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis
- Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut
- Siswa diminta mengamati adaptasi morfologi pada tumbuhan
- Siswa diminta mengamati adaptasi morfologi pada hewan
- Siswa diminta mengamati adaptasi tingkah laku pada berbagai organisme
- Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif
- Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
- Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok
- Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok
- Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan
- Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi:- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
CLOSING
Kegiatan Penutup
- Dalam kegiatan penutup, guru bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran
- melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram
- memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
- merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik
Pertemuan Kedua
Kegiatan Pendahuluan
Motivasi :
- Bagaimana terbentuknya variasi burung Finch Darwin ?
- Siswa telah memahami cirri-ciri makhluk hidup.
Kegiatan Inti :
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi
- Guru melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dan belajar dari aneka sumber
- Siswa dapat menjelaskan ciri ciri mahkluk hidup dan terciptanya variasi
- Siswa dapat menjelaskan cara reproduksi mahkluk hidup dan tujuannya
- Siswa dapat mendata contoh variasi type paruh burung Finch di Galapagos dan memahami mengapa demikian
- menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain
- memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya
- melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
- memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi
- Guru membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna
- Melengkapi kalimat berdasarkan pemahaman akan suatu percakapan
- Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis
- Siswa melakukan percobaan proses kepunahan organisme
- Siswa diminta diskusi tentang perkembangbiakan makhluk hidup
- Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut
- Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif
- Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
- Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok
- Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok
- Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan
- Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi
- Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik
- memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber
- memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan
- memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar
- berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar
- membantu menyelesaikan masalah
- memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi
- memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh
- memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
CLOSING
Dalam kegiatan penutup
- Guru bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran
- melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram
- memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
- merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
Alat dan bahan
Sumber Belajar
- Buku IPA Terpadu
- Buku-buku pelajaran IPA yang relevan.
- http//www.biologigonz.blogspot.com
Kepala Selo;ah Guru Mapel Biologi
ADAPTASI
- Merupakan proses penyesuaian diri makhluk hidup dengan keadaan lingkungan sekitarnya.
- Masing-masing individu mempunyai cara yang berbeda dalam penyesuaian diri dengan lingkungannya,
- ada yang mengalami perubahan bentuk tubuh (adapatasi Morfologi)
- ada yang mengalami perubahan proses metabolisme tubuh (adaptasi Fisiologi)
- dan ada juga yang mengalami perubahan sikap dan tingkah laku (adaptasi tingkah laku).
- Adapatasi akan dilakukan oleh makhluk hidup bila keadaan lingkungan sekitarnya membahayakan atau tidak menguntungkan bagi dirinya, sehingga perlu untuk menyelamatkan atau mempertahankan kehidupannya.
Macam Adaptasi :
1. Adaptasi MORFOLOGI
- Merupakan proses penyesuaian diri makhluk hidup yang memperlihatkan perubahan bentuk dan struktur tubuh.
Pada Hewan
Ciri adaptasi hewan darat :
- Kulit tebal dengan lapisan zat tanduk.
- Anggota gerak tubuh disesuaikan dengan habitat.
- Pada daerah tertentu seperti gurun pasir, mempunyai kantung air seperti pada Unta.
- Tubuhnya berbentuk torpedo (stream line).
- Permukaan tubuh licin karena berlendir.
- Anggota gerak tubuh berupa sirip.
Biasanya berdasarkan pada makanannya, seperti :
- Paruh bentuk sisir, bagian atas agak melengkung pada Pelican, Flamingo untuk menyaring makanan yang berupa algae, udang kecil dan rumput laut.
- Paruh bentuk kecil, runcing dan panjang pada Kolibri untuk menghisap madu.
- Paruh bentuk pendek dan kuat pada Nuri, Pipit, Kakatua, Gelatik untuk memakan biji-bijian.
- Paruh bentuk pendek, besar, kuku dan kuat pada Elang, Rajawali untuk mengoyak mangsanya.
- Paruh bentuk pipih pada Itik, Bebek untuk mengambil makanan yang diperairan (ikan atau udang kecil, algae).
- Paruh bentuk pahat pada Pelatuk untuk memahat batang pohon yang telah lapuk.
- Kaki pencekram dengan cakar bentuk yang kuat, tajam dan pendek pada Elang, Rajawali, burung Hantu untuk mencengkram mangsanya.
- Kaki perenang dengan selaput renang pada Itik, Bebek, Angsa , Pelikan untuk mendayung saat berenang di air.
- Kaki yang kuat pada Kasuari untuk berlari atau berjalan.
- Kaki pemanjat dengan dua jari kearah depan dan dua jari kearah belakang pada Pelatuk untuk memanjat pohon.
- Kaki burung petengger dengan jari yang panjang dan semua jari terletak pada satu bidang datar. Dijumpai pada Kutilang, Kenari, Poksai, Finch, Wambi untuk hinggap diranting-ranting pohon.
Biasanya berdasarkan pada makanannya, seperti :
- Tipe mulut menggigit dan mengunyah pada Belalang, Jangkrik.
- Tipe mulut menusuk dan menghisap pada Nyamuk.
- Tipe mulut menghisap pada Kupu-kupu.
- Tipe mulut menghisap dan menjilat pada Lebah madu dan Lalat
Biasanya berdasarkan pada makanannya, seperti :
- Gigi taring (dens caninus) besar dan runcing pada hewan Carnivora untuk menagkap dan mengoyak daging.
- Gigi geraham depan (dens premolare) dan geraham belakang (dens molare) berbentuk lebar dan datar. Dijumpai pada hewan memamah biak (hewan Ruminansia) untuk mengunyah, menggilas dan menghaluskan rumput/daun-daunan.
Tumbuhan Xerofit yaitu tumbuhan yang hidup apad aderah yang kekurangan air/minim air. Contohnya
- Kurma
- Kaktus.
- Batang yang lunak kaya akan air untuk mencukupi kebutuhan air.
- Lapisan lilin/kutikula pada batang yang tebal untuk mengurangi penguapan.
- Akar serabut yang panjang untuk mencari air dan Hara mineral.
- Daun yang kecil berbentuk duri untuk mengurangi penguapan.
- Teratai
- Eceng Gondok (Eicchornia crassipes)
- Kangkung
- Paku air (Azolla pinata)
- Daun yang lebar, tipis dan banyak stomata untuk mempercepat penguapan.
- Akar serabut dan tangkai yang berongga yang kaya akan Oksigen sehingga memungkinkan untuk mengapung.
Contohnya adalah
- Golongan Bryophyta (Lumut)
- Pterydophyta (Paku),
- Talas/Keladi
- Daun lebar dan tipis untuk mempercepat penguapan.
- Memiliki stomata lebih banyak dari golongan Xerofit.
- Memiliki lapisan lilin/kutikula yang tipis.
- Sering melakukan gutasi (yaitu penetesan pada ujung daun melalui celah pada tepi daun yang disebut hidatoda/gutatoda).
Biasanya termasuk tumbuhan dataran rendah dan dataran tinggi yang meliputi tumbuhan tingkat tinggi.
Ciri adaptasi :
- Daun kecil dan tebal.
- Stomata sedikit.
- Kulit luar yang tebal.
Responses
0 Respones to "PLANER EVOLUSI ADAPTASI SMP"
Posting Komentar