RPP KELAS XII RVOLUSI



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Nama Sekolah : SMA

Mata Pelajaran : Biologi

Kelas/Semester : XII / 2 ( Dua )

Pertemuan Ke- : 1 dan 2

Alokasi Waktu : 4 X 45 menit ( 4 jam pelajaran )

Standar Kompetensi :

  • Memahami teori evolusi serta implikasinya pada Salingtemas

Kompetensi Dasar :

  • Menjelaskan teori, prinsip, dan mekanisme evolusi biologi
  • Mengomunikasikan hasil studi evolusi biologi

Indikator :

  1. Mendeskripsikan pengertian evolusi.
  2. Membedakan pengertian evolusi progresif dan regresif
  3. Menyebutkan tokoh evolusi sebelum Darwin.
  4. Menjelaskan teori evolusi sebelum Darwin.
  5. Menjelaskan pengaruh perjalanan Darwin ke Kepulauan Galapagos sehingga menemukan teori evolusi.
  6. Menerangkan beberapa kesimpulan Darwin yang diambil berdasarkan hasil pengamatannya.
  7. Menyebutkan beberapa tokoh yang memengaruhi teori evolusi Darwin.

.

Tujuan Pembelajaran

  1. Siswa dapat menjelaskan pengertian evolusi.
  2. Siswa dapat membandingkan perbedaan antara evolusi progresif dan regresif
  3. Siswa dapat menyebutkan tokoh evolusi sebelum Darwin.
  4. Siswa dapat menjelaskan teori evolusi menurut Anaximander, Aristoteles, Count de Buffon, dan George Cuvier.
  5. Siswa dapat mengidentifikasi perbedaan ciri burung finch di Kepulauan Galapagos.
  6. Siswa dapat mendeskripsikan pengaruh studi geologi Darwin terutama tentang fosil sehingga Darwin mengemukakan teori evolusi
  7. Siswa dapat menyebutkan beberapa kesimpulan Darwin.
  8. Siswa dapat menjelaskan pengaruh teori yang dikemukakan oleh Jean Baptise Lamarck, Sir Charles Lyell, Alfred Russel Wallace, dan Thomas Robert Malthus terhadap teori evolusi Darwin.

Materi Ajar

  1. Evolusi merupakan perkembangan makhluk hidup secara bertahap menuju kesempurnaan yang terjadi dalam waktu yang lama
  2. Evolusi dibedakan menjadi dua, yaitu evolusi progresif dan evolusi regresif.
  3. Orang yang dianggap paling berjasa dalam sejarah evolusi adalah Charles Robert Darwin. Sebelum Darwin, ada beberapa tokoh penting yang mengajukan beberapa pandangan tentang evolusi, antara lain Anaximander, Aristoteles, Erasmus Darwin, Count de Buffon, dan George Cuvier.
  4. Darwin mengutarakan teori evolusi setelah melakukan pengamatan dalam perjalanannya ke Kepulauan Galapagos.
  5. Darwin melihat adanya perbedaan cirri terhadap bentuk paruh burung finch yang berbeda jenis makanannya.
  6. Darwin juga menyusun beberapa kesimpulan yang berkaitan dengan evolusi.
  7. Kesimpulan tersebut dinamakan teori seleksi alam.


Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan Ke-1

Kegiatan Awal ( waktu : 10 menit )

Apersepsi :

  1. Guru meminta pendapat siswa apakah mereka percaya terhadap teori yang menyatakan bahwa manusia berasal dari kera ?
  2. Siswa diminta mengutarakan pendapatnya masing-masing dan diminta menjelaskan alasannya.

·

Kegiatan Inti ( waktu : 70 menit )

  1. Guru meminta siswa menjelaskan pengertian evolusi.
  2. Guru meminta siswa membandingkan perbedaan antara evolusi progresif dan regresif
  3. Guru meminta siswa memberikan contoh evolusi progresif dan regresif.
  4. Guru meminta siswa menguraikan pendapat dan pandangan beberapa tokoh tentang evolusi, antara lain menurut Anaximander, Aristoteles, Count de Buffon, dan George Cuvier.
  5. Guru meminta siswa menjelaskan alasan Darwin dikenal sebagai Bapak Evolusi.
  6. Guru meminta siswa mendeskripsikan tokoh yang menyatakan bahwa alam semesta selalu berubah dari bentuk sederhana menjadi bentuk yang lebih kompleks.

Kegiatan Akhir ( waktu : 10 menit )

1. Guru meminta siswa menyimpulkan pengertian evolusi dan menyebutkan tokoh sebelum Darwin yang juga menyatakan pandangannya tentang evolusi.

2. Guru meminta siswa menyimpulkan perbedaan antara evolusi progresif dan evolusi regresif.

Pertemuan Ke-2

Kegiatan Awal ( waktu : 10 menit )

Apersepsi :

· Guru meminta siswa menyebutkan hal yang diketahuinya tentang perjalanan Darwin ke Kepulauan Galapagos.

Kegiatan Inti ( waktu : 70 menit )

  1. Guru meminta siswa menunjukkan perbedaan paruh burung finch di Kepulauan Galapagos yang menurut Darwin merupakan salah satu bukti adanya evolusi. Siswa diperbolehkan mencari informasi mengenai hal tersebut melalui internet atau studi literatur.
  2. Guru meminta siswa mendeskripsikan secara sederhana tentang pengaruh studi geologi Darwin terhadap fosil sehingga tercetus teori evolusi.
  3. Guru meminta siswa menjelaskan pengertian dari fosil.
  4. Guru meminta siswa menyebutkan buku yang di dalamnya menjabarkan pengaruh teori seleksi alam terhadap evolusi karangan Darwin
  5. Guru meminta siswa menyebutkan dan menjabarkan beberapa kesimpulan Darwin dalam menyusun teori evolusi
  6. Guru meminta siswa menjelaskan pengaruh teori yang dikemukakan oleh Jean Baptise Lamarck, Sir Charles Lyell, Alfred Russel Wallace, dan Thomas Robert Malthus terhadap kesimpulan Darwin.

Kegiatan Akhir ( waktu : 10 menit )

  1. Guru meminta siswa menyebutkan pengaruh perjalanan Darwin ke Kepulauan Galapagos dan pengaruh teori yang dikemukakan oleh Jean Baptise Lamarck, Sir Charles Lyell, Alfred Russel Wallace, dan Thomas Robert Malthus terhadap kesimpulan yang diambil Darwin berkaitan dengan teori evolusi dan seleksi alam.
  2. Guru meminta siswa menyebutkan kesimpulan teori seleksi alam dalam teori evolusi Darwin


Metode Pembelajaran

Metode yang digunakan :

1. Diskusi

2. Tanya jawab

3. Penugasan (tabel perbandingan)

Sumber / Bahan / Alat Pembelajaran

1. Buku Sains Biologi 3B, LKS, LCD, Buku lain yang relevan.

2. Lingkungan sekitar.

3. Internet.

Penilaian

1. Sikap siswa saat proses pembelajaran ( ranah afektif )

2. Penilaian hasil belajar berupa:

· Tabel perbandingan ( ranah kognitif ).

· Laporan hasil diskusi ( ranah kognitif ).



Responses

0 Respones to "RPP KELAS XII RVOLUSI"

Posting Komentar

 
Return to top of page Copyright © 2010 | 2012 - Lost Saga Template Copyright 2010-2012 MasihTertulis