UJIAN NAS BIOLOGI SMP




SKL 7. Menjelaskan ciri-ciri dan keanekaragaman makhluk hidup. Mendeskripsikan ciri-ciri makhluk hidup.
  •  Menentukan dasar pengelompokan makhluk hidup.

SKL 8. Menjelaskan komponen ekosistem, interaksi antara Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem.
  •  Makhluk hidup dalam lingkungan serta pentingnya 
  •  Menjelaskan cara atau tindakan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan.
  •  Menjaga kualitas dan pelestarian makhluk hidup 
  •  Mengidentifikasi usaha manusia dalam melestarikan makhluk hidup dalam kehidupan. 
  •  Menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan lingkungan.
SKL 9. Menjelaskan hubungan antara struktur dan fungsi Menjelaskan bagian dan fungsi alat gerak pada sistem gerak manusia. jaringan/organ-organ pada manusia dan tumbuhan.
  • Menjelaskan proses pencernaan makanan dan enzim-enzim yang berperan pada proses tersebut.
  • Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia
  • Menjelaskan proses pada sistem ekskresi (ginjal).
  • Menjelaskan sistem saraf pada manusia
  • Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan/organ pada tumbuhan
  • Menjelaskan respon tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar.
  • Menjelaskan proses fotosintesis berdasarkan percobaan tentang proses tersebut.
SKL 10.
  • Mengaplikasikan konsep pertumbuhan, perkembangan, kelangsungan hidup
  • Menjelaskan konsep perilaku makhluk hidup untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya.
  • Menjelaskan pewarisan sifat pada Menginterpretasikan hasil persilangan berdasarkan hukum Mendel
  • Menjelaskan organisme serta kaitannya dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat. 
  • Menjelaskan teknologi reproduksi yang tepat untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas organisme disertai dengan contohnya
  • Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan.
SKL 11.
  • Menjelaskan bahan kimia (alami dan buatan) yang terdapat dalam bahan makanan, zat aditif, dan psikotropika, serta pengaruhnya terhadap kesehatan. 
  • Mendeskripsikan bahan kimia (alami dan buatan) pada makanan serta pengaruhnya terhadap kesehatan.
  •  Mendeskripsikan pengaruh zat adiktif/psikotropika pada tubuh kita.

LATIHAN SOAL

1. Mendeskripsikan ciri-ciri makhluk hidup

1. Perhatikan pernyataan berikut:
  1. tumbuh dan berkembang
  2. bergerak
  3. peka terhadap rangsang
  4. fotosintesis
Pernyataan yang merupakan cirri-ciri makhluk hidup adalah

a. 1, 2 dan 3 c. 1, 3 dan 4

b. 1, 2 dan 4 d. 2, 3 dan 4

2, Yang tidak termasuk dari ciri-ciri makhluk hidup adalah

a. mendengar dan beradaptasi

b. melihat dan membutuhkan oksigen

c. berfotosintesis dan mendengar

d. mengeluarkan zat sisa dan bernapas

3. Laron akan terbang mengerumuni cahaya, sebagai tanda/ciri makhluk hidup untuk ….

a. berkembang biak

b. peka terhadap rangsangan

c. bernapas

d. tumbuh

4. Mobil tidak termasuk hidup karena ….

a. mobil tidak bergerak

b. mobil tidak membutuhkan bahan bakar

c. mobil tidak berkembang biak

d. mobil tidak mengeluarkan zat sisa

2. Mengidentifikasi ciri-ciri pada pengelompokan makhluk hidup, Menentukan dasar pengelompokan makhluk hidup

1. Salah satu ciri khas yang membedakan ganggang dan jamur adalah …

a. ganggang tak berklorofil

b. jamur tak berklorofil

c. jamur berklorofil

d. ganggang bersel Satu.

2. Tumbuhan yang memiliki bagian seperti akar, batang, dan daun yang berwarna hijau. Ke dalam kelompok manakah tumbuhan itu digolongkan ….

a. jamur

b. alga

c. tumbuhan paku

d. lumut

3. Tumbuhan biji dibedakan menjadi 2 subdivisi, yaitu tumbuhan biji terbuka (Gymnospermae) dan tumbuhan biji tertutup (Angiospermae). Di bawah ini yang merupakan ciri khas tumbuhan biji tertutup adalah ….

a. biji tumbuh pada permukaan dasar bunga

b. bakal biji diselubungi bakal buah

c. alat kelamin bunga disebut strobilus

d. akarnya berupa akar tunggang dan batang bercabang

4. Ciri Arthropoda adalah sebagai berikut.

  1. kaki jalan berjumlah lima pasang
  2. antena dua pasang
  3. eksoskeleton tersusun dari zat kitin
  4. bernapas dengan insang
  5. tubuh terdiri dari sefalothorax dan abdomen
Hewan tersebut termasuk kelas ….

a. Insecta

b. Crustacea

c. Myriapoda

d. Arachnoidea

3. Menjelaskan interaksi antarmakhluk hidup dalam ekosistem

1. Dalam suatu ekosistem terdapat tikus, kucing, rumput, jamur, bakteri.Organisme yang sangat tergantung pada konsumen adalah ….

a. tikus, kucing

b. kucing, rumput 

c. rumput, jamur

d. jamur, bakteri

2. Pernyataan yang benar adalah ….

a. setiap organisme hanya memiliki satu interaksi dengan organisme lain dalam satu lingkungan

b. semua tumbuhan merupakan produsen karena semua tumbuhan dapat melakukan proses fotosintesis

c. herbivora tidak pernah menjadi predator bagi hewan lainnya

d. pada ekosistem buatan tidak terjadi rantai makanan

3. Interaksi antarmakhluk hidup yang menunjukkan terjadinya simbiosis komensalisme adalah …

a. cacing pita yang hidup dalam usus manusia

b. benalu yang hidup pada pohon-pohon besar

c. anggrek yang menempel pada pohon

d. burung jalak hinggap pada punggung kerbau

4. Di sebuah padang rumput ada kambing, sapi dan kelinci hidup bersama. Interaksi yang terjadi di antara makhluk hidup tersebut adalah …

a. predasi c. parasitisme

b. kompetisi d. mutualisme

4. Menjelaskan usaha-usaha manusia untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan

1. Pencemaran air telah menjadi permasalahan yang harus segera ditangani. Salah satu upaya untuk mencegah terjadinya pencemaran air yaitu …

a. mengencerkan kadar polutan yang larut dalam air

b. melarang pabrik membuang air limbahnya

c. sampah radioaktif dibuang di pulau terpencil

d. mengalirkan limbah ke lautan

2. Salah satu usaha untuk menyelamatkan kerusakan hutan adalah ….

a. melakukan tebang pilih

b. mengubah hutan menjadi lahan pertanian

c. mengubah lahan gambut menjadi lahan pertanian

d. mengatur jarak tanam dan melakukan reboisasi

3. Beberapa hutan di Indonesia sudah rusak. Akibatnya berbagai bencana seperti banjir dan erosi semakin sering terjadi. Upaya untuk menanggulanginya adalah …

a. membuka hutan untuk usaha perkebunan

b. menerapkan system perladangan berpindah

c. memberlakukan system tebang pilih

d. mempermudah izin pengusahaan hutan

4. Air sungai di kota-kota besar sudah banyak yang tercemar sehingga mengganggu kesehatan masyarakat. Upaya untuk mengatasi permasalahan ini adalah …

a. mengeluarkan peraturan bahwa hanya sampah organic yang boleh dibuang di sungai

b. membuat saluran septic tank ke sungai

c. membuat sengkedan di lereng sungai

d. mengalirkan limbah ke tangki resapan sebelum dibuang ke sungai

5. Mengidentifikasi usaha manusia dalam melestarikan makhluk hidup

1. Usaha yang dapat dilakukan untuk menjaga keanekaragaman hayati adalah …

a. memelihara hewan sebagai hobi

b. penggunaan pupuk buatan

c. menetapkan suatu kawasan sebagai cagar alam

d. pembukaan hutan untuk lading

2. Beberapa jenis ikan local seperti ikan gabus, ikan patin dan ikan sepat siam terancam punah. Usaha untuk menanggulanginya adalah …

a. mengambil ikan-ikan tersebut dengan setrum

b. merintis daerah konservatif rawa untuk membudidayakan ikan-ikan tersebut

c. mengambil ikan-ikan tersebut untuk dipelihara di akuarium

d. mengirim bibit ikan-ikan tersebut ke luar negeri untuk dibudidayakan

3. Organisasi lingkungan hidup PBB memperkirakan 30 tahun mendatang beberapa spesies burung akan punah. Tindakan yang sebaiknya dilakukan manusia saat ini untuk mengantisipasi hal tersebut adalah …

a. berburu burung langka untuk dipelihara di rumah

b. mencari burung langka untuk diperjualbelikan

c. menangkar burung langka di tempat khusus

d. mengoleksi burung langka sebelum punah

4. Kondisi alam beserta flora dan fauna di Indonesia semakin memprihatinkan karena manusia memanfaatkannya secara berlebihan. Kondisi ini harus segera ditangani dengan memanfaatkan flora dan fauna secara bijaksana, diantaranya dengan …

a. membudidayakan ikan di tambak

b. mengoleksi hewan langka

c. menebang pohon di hutan untuk bahan bangunan

d. mencari ikan dengan pukat harimau

6. Memprediksi hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan lingkungan

1. Kepadatan penduduk yang tinggi dapat menimbulkan masalah …

a. tingkat pencemaran air tinggi

b. jumlah limbah berkurang

c. udara semakin bersih

d. ketersediaan lahan makin luas

2. Pernyataan tentang pengaruh kepadatan populasi manusia terhadap ketersediaan lahan adalah …

a. makin banyak manusia, makin banyak lahan pertanian dibutuhkan untuk pangan

b. makin sedikit lahan pertanian karena banyak digunakan untuk keperluan manusia

c. semakin sedikit lahan perumahan karena digunakan untuk kawasan industri

d. semakin banyak lahan untuk taman kota

Perhatikan grafik berikut!

3. Dari grafik di atas persediaan pangan setelah tahun 2000 adalah …

a. melebihi kebutuhan penduduk

b. lebih rendah dari kebutuhan penduduk

c. memenuhi kebutuhan penduduk

d. menunjukkan kenaikan

4. Perhatikan grafik berikut

Penjelasan yang benar mengenai hubungan antara populasi manusia yang berlebihan dengan tingkat pencemaran adalah …

a. tidak ada hubungan antara peningkatan populasi manusia dengan tingkat pencemaran

b. apabila penduduk bertambah, pencemaran lingkungan juga meningkat

c. apabila penduduk di suatu daerah berlebihan, pencemaran lingkungan menurun

d. pertambahan penduduk akan membuat laju pencemaran lingkungan terkendali

7. Menentukan jenis tulang/sendi/otot pada alat gerak manusia beserta fungsinya

1. Perhatikan gambar berikut!

Lengan bawah dapat terangkat karena. . . .

a. bagian X berkontraksi dan bagian Y relaksasi

b. bagianX relaksasi dan bagian Y berkontraksi

c. bagian X dan Y berkontraksi

d. bagian X dan Y relaksasi

2. Salah satu contoh bagian organ yang sendinya tidak bergerak adalah . . . .

a. sendi pada perbatasan antara tulang tengkorak dengan tulang belakang

b. sendi pada siku

c. sendi pada lutut

d. sendi antartulang pada tengkorak

3. Sendi yang memungkinkan gerakan bebas hampir ke segala arah, yaitu ….

a. sendi putar

b. sendi pelana

c. sendi engsel

d. sendi peluru

4. Persamaan antara otot polos dan otot

jantung ialah ….

a. letak inti tersebar

b. bekerja secara tidak sadar

c. menempel pada otot rangka

d. letaknya ada pada alat gerak

5. Tulang tengkorak merupakan tulang yang memiliki bentuk ….

a. tulang yang bentuknya tidak beraturan

b. tulang pipa

c. tulang pendek

d. tulang pipih

8. Menjelaskan sistem pencernaan dan enzim-enzim yang berperan pada proses pencernaan

1. Saluran pencernaan yang mengeluarkan enzim lipase adalah . . . .

a. usus halus c. kerongkongan

b. usus besar d. anus

2. Organ pencernaan yang berfungsi menghasilkan zat untuk membunuh kuman yang masuk bersama makanan adalah …

a. mulut

b. lambung

c. usus halus

d. usus besar

3. Bagian yang menghasilkan enzim rennin adalah …

a. lambung

b. pankreas

c. usus halus

d. usus besar

4. Enzim yang dihasilkan oleh pancreas adalah …

a. protease

b. erepsin

c. rennin

d. ptialin

9. Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya

1. Penyakit yang disebabkan oleh pelebaran pembuluh darah adalah . . . .

a. varises dan hipertensi

b. hipertensi dan sklerosis

c. ambeien dan varises

d. anemia dan leukemia

2. Penyakit yang merupakan gangguan pada sel darah ialah ….

a. penyakit jantung

b. varises

c. tekanan darah tinggi

d. leukemia

3. Konsumsi makanan yang mengandung zat kapur secara berlebihan dapat mengakibatkan gangguan pada pembuluh darah berupa …

a. aterosklerosis

b. arteriosklerosis

c. hemoroid

d. thalasemia

4. Penyakit yang menurun dari orang tua, dimana darah sukar membeku disebut …

a. anemia

b. hemofilia

c. thalasemia

d ambeien

10. Menjelaskan proses pada sistem ekskresi (ginjal)

1. Perhatikan gambar alat ekskresi di bawah

Bagian yang ditunjuk oleh anak panah berfungsi untuk.. .

a. Menyaring darah

b. Menampung urine

c. Mengatur pengeluaran urine

d. Menyalurkan urine

2. Urutan proses pembentukan urine adalah . . . .

a. filtrasi-reabsorbsi-augmentasi

b. reabsorbsi-filtrasi-augmentasi

c. filtrasi-augmentasi-reabsorbsi

d. reabsorbsi-augmentasi-filtrasi

3. Reabsorbsi atau penyerapan kembali zat-zat yang masih berfungsi berlangsung di bagian . . . .

a. glomerulus

b. tubulus kontortus distal

c. tubulus kontortus proksimal

d. simpai Bowman

4. Bagian ginjal yang bertugas menyaring darah ditunjukkan adalah …

a. 1

b. 2

c. 3

d. 4

11. Menjelaskan sistem saraf pada manusia

1. Pada gambar bagian-bagian otak berikut, bagian yang berfungsi sebagai pusat pengendali keseimbangan adalah nomor …

a. 1

b. 2

c. 3

d. 4

2. Otak besar terdiri atas belahan kiri dan kanan yang salah satu fungsinya adalah …

a. Belahan kiri mengatur kegiatan tubuh sebelah kiiri

b. Belahan kanan mengatur kegiatan tubuh sebelah kanan

c. Belahan kiri mengatur kegiatan tubuh sebelah kanan

d. Belahan kiri mengatur kegiatan tubuh sebelah kiri maupun kanan

3, Pada gambar berikut yang disebut sebagai sinapsis adalah …

a. 1

b. 2

c. 3

d. 4

4. Otak besar terdiri atas belahan kiri dan kanan yang salah satu fungsinya adalah …

Saraf sensoris mempunyai fungsi ….

a. meneruskan impuls dari sel saraf yang satu ke sel saraf yang lain

b. membawa impuls saraf dari otak ke kelenjar

c. membawa impuls saraf dari otak ke otot

d. meneruskan rangsang dari reseptor ke saraf pusat

12. Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan/organ pada tumbuhan

1. Peranan penting daun bagi tumbuhan yaitu untuk ….

a. pernapasan

b. menyerap air

c. menyebarkan sari-sari makanan

d. fotosintesis

2. Berikut ini yang bukan merupakan fungsi akar bagi tumbuhan adalah ….

a. untuk pertukaran udara

b. untuk menyerap air dan mineral

c. sebagai tempat cadangan makanan

d. sarana penghubung antara batang dan tanah

3. Pada bagian daun, terdapat pori-pori untuk pertukaran gas yang disebut ….

a. lentisel

b. xylem

c. floem

d. stomata

4. Pada jaringan epidermis tumbuhan, terdapat lapisan lilin yang berfungsi mengurangi penguapan yang disebut ….

a. palisade

b. stomata

c. kutikula

d. xylem

13. Menjelaskan respons tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar

1. Gerak tumbuhan yang dipengaruhi oleh arah datangnya rangsang adalah ….

a. nasti dan tropisme

b. taksis dan tropisme

c. tropisme dan seismonasti

d. seismonasti dan taksis

2. Pertumbuhan akar seperti pada gambar di samping menunjukkan adanya gerak ..

a. geotropi c. seismonasti

b. fototaksis d. hidronasti

2. Gerak kecambah yang diletakkan di tempat yang kurang cahaya merupakan gerak . . . .

a. tropisme c. kemotaksis

b. nasti d. higroskopis

4. Berikut ini merupakan gerak pada tumbuhan, kecuali . . . .

a. gerak bunga matahari ke arah sinar

b. gerak sulur membelit

c. gerak biji polong menutup pada malam hari

d. gerak mahkota bunga jatuh karena gugur

5. Perhatikan gambar

Percobaan dengan menutup bagian dari daun menggunakan aluminium foil untuk menunjukkan bahwa fotosintesis membutuhkan …

a. amilum

b. oksigen

c. karbon dioksida

d. sinar matahari

6. Pada percobaan seperti gambar

Pernyataan yang benar mengenai keadaan udara di dalam dan di luar tutup kaca adalah …

a. kandungan nitrogen di dalam tutup kaca lebih tinggi daripada di luar

b. kandungan oksigen di luar tutup kaca lebih tinggi daripada di dalam

c. kandungan karbon dioksida di dalam tutup kaca lebih rendah daripada di luar

d. kandungan nitrogen di luar tutup kaca lebih tinggi daripada di dalam

7. Percobaan seperti gambar di atas menghasilkan gas x yang sifatnya …

a. mengeruhkan air kapur

b. memadamkan kayu yang menyala

c. melunturkan warna larutan yodium

d. membuat api tetap menyala

8. Pada percobaan seperti gambar di samping, fotosintesis …

a. tetap berlangsung dan terbentuk oksigen

b. tetap berlangsung dan terbentuk amilum

c. tidak berlangsung karena tidak tersedia karbon dioksida dalam air

d. tidak berlangsung karena ukuran jumlah Hydrilla sedikit

15. Menjelaskan konsep perilaku makhluk hidup untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya

9. Perhatikan fakta yang ada di alam berikut ini!

1) kalajengking mempunyai alat sengat

2) sekelompok belalang hitam hinggap di atas rerumputan

3) katak hijau berada di bentangan sawah

4) tanaman jati menggugurkan daunnya di musim kemarau

Dari fakta di atas organisme yang berpeluang bias lolos dari seleksi alam sehingga mampu melanjutkan keturunan adalah …

a. 1, 2 dan 3

b. 1, 2 dan 4

c. 1, 3 dan 4

d. 2, 3 dan 4

10. Cermati berbagai tipe paruh burung berikut!

Diantara burung dengan bentuk paruh seperti gambar di atas yang akan terus dapat melangsungkan hidupnya jika terdampar di tepian sungai Kalimantan adalah …

a. I, II dan III

b. I dan III

c. II dan IV

d. IV

11. Perhatikan fakta yang ada di alam berikut ini!

1) belalang sembah hinggap di atas daun

2) beruang kutub ada di hamparan salju

3) kupu-kupu bersayap coklat hinggap di tumpukan daun-daun yang berguguran

4) Biston btularia warna cerah beterbangan di antara asap jelaga pabrik

Dari fakta di atas, organisme yang berpeluang dikenali oleh predator sehingga terancam kelangsungan hidupnya adalah nomor …

a. 1, 2 dan 3

b. 1 dan 2

c. 2 dan 4

d. 4 saja

12. Cermati tanaman berikut!

1) Padi

2) cocor bebek

3) kaktus

4) eceng gondok

Di antara tanaman di atas, yang tetap mampu melangsungkan hidupnya jika terjadi banjir besar adalah

a. 1, 2 dan 3

b. 1 dan 3 

c. 2 dan 4

d. 4 saja

16. Menginterpretasikan hasil persilangan berdasarkan hukum Mendel

1. Pada persilangan tumbuhan berbatang tinggi (TT) dengan pendek (tt) akan dihasilkan F1 dengan genotip dan fenotip …

a. TT, tinggi

b. Tt, tinggi

c. Tt, pendek

d. tt, pendek

2. Kacang berbentuk lonjong warna hijau (bbkk) disilangkan dengan kacang berbentuk bulat warna kuning (BBKK). Apabila bulat dan kuning bersifat dominant, keturunannya berfenotip …

a. berbentuk bulat dan berwarna hijau

b. berbentuk bulat dan berwarna kuning

c. berbentuk lonjong dan berwarna hijau

d. berbentuk lonjong dan berwarna kuning

3. Tanaman ercis berbiji bulat dan berwarna kuning (RrYy) disilangkan dengan tanaman ercis berbiji keriput dan berwarna hijau (rryy). Dari persilangan ini akan dihasilkan persentase keturunan berbiji keriput dan warna kuning adalah …

a. 15% c. 50%

b. 25% d. 75%

4. Pada persilangan monohybrid antara bunga pukul empat berwarna merah muda (Mm) dengan merah muda (Mm) menghasilkan keturunan dengan perbandingan fenotip …

a. 3 merah : 1 putih

b. 3 putih : 1 merah

c. 1 merah : 2 merah muda : 1 putih

d. 1 merah muda : 2 merah : 1 putih

17. Menjelaskan teknologi reproduksi yang tepat untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas organisme disertai dengan contohnya

1. Manfaat inseminasi buatan bagi para peternak sapi adalah

a. dapat mengawinkan sapinya setiap saat

b. dapat mengawinkan sapi tanpa harus menghadirkan sapi jantan

c. dapat mengawinkan sapi tanpa menggunakan sperma

d. dapat menghasilkan anak sapi yang relative banyak

2. Pak Danu ingin mengawinkan sapinya yang berada di Madura dengan sapi milik Pak Andi di Boyolali, Jawa Tengah. Tujuannya agar diperoleh bibit sapi banyak. Agar tujuannya tercapai dengan mudah Pak Danu harus melakukan …

a. kawin silang

b. pembastaran

c. kloning

d. inseminasi buatan

3. Rekayasa reproduksi pada tanaman yang dapat dilakukan tanpa memerlukan tempat yang luas dan tidak tergantung musim adalah …

a. pembastaran

b. hibridisasi

c. serbuk sendiri

d. kultur jaringan

4. Rekayasa reproduksi untuk mendapatkan bibit tanaman yang baik dan unggul dengan menghilangkan sifat-sifat buruk pada tanaman tersebut dapat dilakukan dengan …

a. radiasi

b. kultur jaringan

c. pembastaran

d. hibridisasi

18. Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan manusia

1. Pada pembuatan tempe, Rhizopus oligosporus berfungsi untuk …

a. mencegah karbohidrat menjadi glukosa

b. memecah protein menjadi asam amino

c. memfermentasi karbohidrat

d. memfermentasikan protein

2. Pada pembuatan oncom diperlukan bahan baku dan mikroba berupa …

a. ampas tempe dan Neurospora sitophila

b. ampas kedelai dan Aspergillus wentii

c. ampas kacang tanah dan Rhizopus oligosporus

d. ampas tahu dan Neurospora sitophila

3. Krim susu dengan bantuan bakteri Propioni bacterium dapat dijadikan suatu produk bioteknologi berupa …

a. keju c. es krim

b. yoghurt d. mentega

4. Mikroorganisme yang diperlukan dalam pembuatan tempe yaitu …

a. Saccharomyces cerevisiae

b. Aspergillus wentii

c. Rhizopus stolonifer

d. Neurospora sitthopilla

19. Menentukan bahan kimia pada makanan yang ditambahkan pada makanan

1. Berikut ini terdapat beberapa zat aditif makanan

1) natrium benzoat

2) monosodium glutamate

3) natrium siklamat

4) aktil asetatt

5) asam sitrat

2. Zat aditif yang berfungsi sebagai zat pengawet, penyedap, dan pemanis secara berturut-turut adalah …

a. 1, 2 dan 3 c. 2, 4 dan 5

b. 2, 3 dan 4 d. 3, 4 dan 5

3. Zat antioksidan yang ditambahkan pada margarine yaitu

a. natrium benzoat c. karbon dioksida

b. butyl hidroksi anisol d. etanol

4. Rasa manis dalam suatu makanan dapat diperoleh dari bahan …

a. natrium nitrat c. natrium benzoat

b. natrium bikarbonat d. natrium siklamat

5. Zat aditif yang dapat digunakan untuk menambah cita rasa makanan adalah …

a. natrium benzoat c. propil etanoat

b. butyl hidroksi toluene d. monosodium glutamate

20. Mendeskripsikan pengaruh zat adiktif/psikotropika pada tubuh kita

1. Salah satu dampak negative narkoba terhadap kesehatan tubuh yaitu …

a. menurunkan system kekebalan tubuh

b. menjadikan kaki bengkak

c. rambut menjadi cepat beruban

d. mata tampak merah dan berair

2. Salah satu alasan dilarangnya penyalahgunaan narkoba adalah …

a. merusak mental dan kesehatan organ-organ tubuh penggunanya

b. meningkatkan rasa percaya diri penggunanya

c. membebaskan seseorang dari rasa sakit

d. membuat seseorang mejadi energik

3. Berikut ini yang merupakan dampak dari minuman keras adalah ….

a. meningkatnya tindak kejahatan

b. menimbulkan kanker saluran pernapasan

c. menyebabkan penyempitan pembuluh darah

d. timbulnya halusinasi

4. Pemakai ganja hingga taraf overdosis akan mengalami gejala seperti …

a. konsentrasi lemah

b. terjadi gangguan kejiwaan

c. rasa senang dan bahagia

d. kurang nafsu makan

Ciri-ciri fisik korban kecanduan minuman keras :

a. Napas bau alkohol

b. Muka merah

c. Bicara pelo

d. Jalan sempoyongan

e. Bola mata bergerak terus

3. Zat Psikotropika

Zat psikotropika adalah zat-zat tertentu yang mempunyai efek terhadap kerja otak

sehingga menaurunkan aktivitas otak atau merangsang susunan saraf pusat.

Fungsi psikotropika :

a. Mengganggu fungsi mental manusia normal (Halusinogen), contoh mariyuana ,LSD

b. Menyembuhkan fungsi mental abnormal manusia yaitu sebagai obat depresan (obat

tidur), contohnya klorpromazina, reserpina, oksanamida, pipradol, pentobaribital. Adapun

yg termasuk golongan candu, yaitu morfin, pethidin, fentanil.

Ciri-ciri fisik korban ketergantungan obat (penyalahgunaan psikotropika):

a. Denyut nadi meningkat

b. Tekanan darah tidak teratur

c. Kelainan jantung

d. Banyak berkeringat sehingga kekurangan cairan

e. Badan panas

f. Kejang-kejang

g. Kurang nafsu makan

h. Rasa mual



Responses

0 Respones to "UJIAN NAS BIOLOGI SMP"

Posting Komentar

 
Return to top of page Copyright © 2010 | 2012 - Lost Saga Template Copyright 2010-2012 MasihTertulis